.

.

Kamis, 18 Juni 2015

Pencak Silat - Dua Pesilat Sulsel Perkuat Indonesia di Belgia


PIMDA197TS - Dua pesilat asal Sulawesi Selatan dipercaya memperkuat Tim Indonesia menghadapi kejuaraan silat internasional di Belgia, Mei 2013.


Pelatih Kepala Timnas Indonesia Taslim Azis, saat dihubungi dari Makassar, Rabu mengatakan, kedua atlet Sulsel tersebut yakni Johan (kelas A), dan Awaluddin (kelas B) terpilih setelah mampu meraih emas di kejuaraan Thailand terbuka serta Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN XVI di Viantine, Laos, 12-20 Desember 2012.

"Sedangkan Hamuddin yang meraih perak saat ujicoba di Myanmar lalu kita putuskan tampil di kejuaraan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013," katanya.

Sekretaris Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sulsel Nukhrawi Nawir, mengaku bangga dengan terpilihnya ketiga atlet andalannya mewakili Indonesia. Pihaknya juga berharap seluruh pesilat mampu membuktikan diri dengan kembali tampil sebagai juara.

Terkait peluang atlet Sulsel mempersembahkan medali, dirinya mengaku sangat terbuka. Apalagi, kata dia, kualitas dan pengalaman ketiga atlet itu baik ditingkat nasional ataupun dunia juga telah mereka dibuktikan.

"Meski tidak mudah namun kita tetap optimistis melihat prestasi yang telah dicapai ketiganya baik di PON ataupun kejuaraan dunia. Kita juga berharap terpilihnya pesilat kita menjadi motivasi bagi atlet lainnya untuk terus meningkatkan kemampuannya,` katanya. 

Sementara itu, baik Johan ataupun Awaluddin mengaku bangga dengan kepercayaan tersebut. Keduanya juga berjanji untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi mempersembahkan prestasi membanggakan bagi Indonesia.

Soal kualitas lawan di Belgia, Johan mengaku belum memiliki gambaran. Namun sebagai antisipasi, dirinya akan lebih fokus mematangkan dan meningkatkan kualitas bertarungnya dengan waktu yang tersisa.

"Para pesilat eropa yang tampil di Belgia Open merupakan atlet yang punya kemampuan sehingga sepatutnya diwaspadai. Saya juga akan lebih mematangkan persiapan agar bisa tampil baik di laga nanti," ujar pesilat asal Kabupaten Bantaeng, Sulsel tersebut.

Pada 2012, Belgia Terbuka diikuti lebih dari 100 peserta dari 11 negara diantaranya dari Austria, Perancis, Belanda, Jerman, Inggris. Sedangkan untuk Asia diikuti Malaysia, Vietnam dan Jepang. Adapun tim Indonesia tidak berpartisipasi pada gelaran ke 17 tersebut.